Review Google Adsense, Jaringan Periklanan Terbaik Dunia

Pada kesempatan ini, Mediabisnis.co.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Review Google Adsense, Jaringan Periklanan Terbaik Dunia.

Artikel Terkait Ad Publisher

Apa Itu Google Adsense?

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui internet dari Google. Dengan program periklanan AdSense, pemilik situs web/blog, channel youtube, atau developer aplikasi playstore yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya dapat menampilkan unit iklan yang ditentukan oleh Google melalui Google Ads.

Penerbit iklan Google Adsense akan mendapatkan penghasilan dari Google untuk setiap iklan yang diklik pengguna, yang dikenal sebagai sistem pay-per-klik (PPC) atau bayar per klik. Selain dengan bayar per klik, AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan referensi iklan (orientasi). AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di situs web mereka.

Pemilik website mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan sponsor, pemilik situs akan menerima pendapatan setelah mengklik iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dan pengiklan.
Review Google Adsense

Sejarah Google Adsense

AdSense berada dibawah naungan perusahaan Google pada bulan Februari 2003. Pada bulan berikutnya, tepatnya 4 Maret 2003, Google Chairman dan CEO Eric Schmidt mengumumkan menuju layanan iklan sasaran yang disebut konten.

Bahasa Yang Didukung dalam Adsense

Sejak awal dibangun, AdSense hanya mendukung bahasa Inggris dan bahasa dari negara-negara Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, dan negara-negara Asia Tenggara, yaitu bahasa Thailand. Tapi, pada 1 Februari 2012 secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia sekarang didukung untuk unit iklan display AdSense, setelah Indonesia sebelumnya hanya didukung untuk AdSense untuk penelitian unit tunggal. AdSense untuk konten sekarang mendukung 36 bahasa di seluruh dunia.

Pada November 7, 2012 diumumkan bahwa mereka telah memperbarui aplikasi AdSense untuk penerbit baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, yang berarti bahwa calon baru yang mendaftar untuk AdSense melalui YouTube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu host dan tidak host. Berdasarkan dokumen resmi Google, jumlah penerbit AdSense sekarang lebih dari dua juta penerbit di seluruh dunia.

Jenis-jenis Akun Google Adsense

1. Akun Adsense Hosted

Akun Adsense Hosted
Akun host AdSense adalah akun yang terkait dengan situs mitra host AdSense, atau disebut pihak ketiga. Dengan demikian, publisher adsense yang terkait adalah pemilik channel YouTube, blog Blogger dan Hubpages. akun AdSense host dapat digunakan untuk menampilkan iklan pada host atau mitra pihak ketiga, termasuk YouTube dan Blogspot. account host akan diberi label sebagai mitra account host adsense.

2. Akun Adsense Non Hosted

Akun Adsense Non Hosted
Akun adsense tidak di-host adalah akun AdSense yang tidak terkait dengan mitra situs host adsense atau tanpa pihak ketiga. Account tidak host langsung digunakan untuk iklan display adsense di situs web/blog. Untuk adsense non-host ini adalah untuk situs web/blog yang menggunakan self-host atau blogger, tetapi menggunakan domain kustom atau TLD.


Istilah dalam Adsense Publisher

1. Publisher Google Adsense

Penerbit iklan atau adalah orang atau pemilik website yang sudah terdaftar atau disetujui oleh manajer iklan AdSense. Layanan Penerbit disebut publisher google adsense. Sebelumnya google adsense publisher harus terlebih dahulu mendaftar Adsense dan dapat menampilkan iklan Google di situs web mereka setelah permohonan disetujui. Setiap publisher google adsense diperbolehkan untuk menempatkan iklan Google di semua situs yang memenuhi persyaratan program Google Adsense.

2. Ad Units Adsense

Unit iklan terdiri dari beberapa jenis dan ukuran iklan tertentu. Jenis yang paling umum adalah iklan banner/gambar dan teks iklan. Pada saat sebuah klik pengunjung pada unit iklan, maka (jika sah) pemasang iklan mendapatkan penghasilan sesuai dengan BPK / bayar per klik.

3. Link Units Adsense

Unit link mirip dengan Unit iklan, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan unit iklan dengan Unit Link saat pengguna mengklik iklan, itu akan berjalan pada halaman hasil pencarian mesin pencari Google.

4. AdSense for Content

AdSense untuk Konten dipasang pada halaman. Iklan yang muncul adalah iklan yang mengacu pada Daftar Isi. Atau menggunakan konsep kontekstual. Unit iklan dan unit link termasuk dalam AdSense untuk konten.

5. Alternate Ads

AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Pasalnya, antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi website atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi secara default, maka akan menampilkan iklan layanan publik atau umum dikenal sebagai PSA (public service pengumuman). Karena jenis hadiah, jadi jika Anda klik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasi masalah ini, Google memperbolehkan kita untuk memasang iklan alternatif.

6. Channels

Saluran adalah semacam label yang dapat diberikan kepada unit iklan, unit tautan, AdSense untuk pencarian dan arahan. Unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan.

7. Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang berisi unit iklan terbuka oleh pengunjung. nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah unit iklan yang ditemukan di halaman.

8. Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada editor Ad. Dalam program AdSense halaman laporan, penerbit dapat melihat jumlah klik yang ia dapatkan, serta unit iklan atau saluran.

9. CTR (Clickthrough Rate)

CTR adalah perbandingan persentase antara jumlah klik dari unit iklan dengan jumlah unit penayangan iklan. Sebagai contoh, sebuah unit iklan yang ditampilkan 40 kali dan 10 kali diklik maka nilainya 25% (10:40).

10. CPC (Cost Per Click)

CPC/BPK adalah jumlah uang untuk penerbit ketika unit iklan tertentu diklik. Nilai CPC untuk setiap unit iklan berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas editor situs. Tapi secara umum, mungkin nilai maksimum adalah 20% dari nilai pasokan dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

11. eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM merupakan hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (setiap 1000 tayangan). Misalnya, penerbit mendapatkan $200 dengan 50.000 tayangan, maka memiliki nilai CPM sebesar $4 ($200 dibagi dengan 50).


Kebijakan program AdSense

Meskipun program AdSense bermanfaat yang besar, tetapi aturan ketat Google untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terkait sangatlah penting, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh pemilik situs. Oleh karena itu, ada aturan yang harus dipatuhi oleh anggota program AdSense.

Daftar Google Adsense

Pada dasarnya, untuk mendapatkan program Google AdSense Anda bisa langsung menyimpan situs / blog di situs AdSense langsung https://www.google.com/adsense. Namun, untuk diterima program Google Adsense tidak semudah dulu, banyak orang yang mencoba untuk mendaftar Adsense tetapi situs web mereka atau blog sering ditolak karena mereka tidak memenuhi sesuai dengan persyaratan.

Larangan Google Adsense 

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs mereka sendiri, secara manual atau menggunakan software khusus.
  • Sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang muncul, misalnya dengan kata-kata "klik iklan ini" atau "kunjungi halaman ini"
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang ditentukan oleh Google.
  • Membuat link langsung ke halaman hasil pencarian, khusus untuk AdSense pencarian.
  • Target memanipulasi iklan dengan kata kunci atau IFRAME yang tersembunyi.
  • AdSense unit iklan harus ditempatkan langsung di website html tanpa modifikasi.
  • Pemilik situs tidak dapat mengubah kode AdSense dengan alasan apapun.
  • Dan ada banyak lagi yang harus dipatuhi oleh publisher, selengkapnya baca di Peraturan Adsense

Optimasi Penghasilan AdSense

Potensi keuntungan dalam program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka layani. Beberapa metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi dari AdSense. Metode lain diperbolehkan, bahkan dianjurkan penggunaannya oleh Google.

Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  • Mengubah warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
  • Meletakkan unit iklan pertama pada posisi tertentu pada halaman Web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi
  • Penghapusan garis tepi dan menyamakan warna latar belakang dari unit iklan dengan latar belakang warna halaman web
  • Dan ada banyak lagi yang diperbolehkan untuk publisher, selengkapnya baca di Periklanan Adsense

Banned Google AdSense

Banned Google AdSense karena larangan tampilan iklan Google di situs web penerbit, dimana hukuman yang dikenakan untuk Penerbit Google AdSense adalah banned/dinonaktifkan, karena tidak memenuhi kebijakan program.

Banned google ada beberapa macam, yaitu :

  1. Iklan dinonaktifkan pada halaman tertentu yang melanggar kebijakan program.
  2. Situs dinonaktifkan sehingga situs tidak dapat menampilkan iklan di semua halaman.
  3. Akun adsense dinonaktifkan, ini hukuman terberat sehingga penerbit tidak bisa lagi menampilkan iklan pada semua situs web yang dimiliki dan tidak dapat mendaftar di google adsense secara permanen.

Penelusuran terkait Ad Publisher

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar